eksposia-warta

BANYAK KANDIDAT PILIH-PILIH TEBU PADA INSAN PERS (?)

 

            Tamiang Layang, eKSPOSIADi saat perhatian publik dan insan media tersorot pada keenam pasang calon Bupati & Wakil Bupati Barito Timur 2013, terbetik keluhan beberapa pekerja pers lokal tentang ketidaknyamanan perlakuan dari beberapa oknum tim sukses maupun sang calon sendiri.

Salah seorang wartawan tabloid produk Kalteng, Burhan, mengaku malah pernah dilecehkan oleh salah seorang calon ketika dirinya menawari pemasangan profil di media tempat ia bergabung, kepada calon tersebut. “Dengan ekspresi yang tidak menyenangkan, seolah-olah kita seperti peminta-minta saja. Padahal, saya hanya menawari, yang artinya kalaupun tidak berkenan ya tidak ada masalah. Mosok seorang calon pemimpin daerah kasar begitu?”.keluh Burhan, beberapa waktu lalu.

Lain lagi dengan peristiwa yang dialami tiga wartawan lokal rekan Burhan yang baru-baru saja meliput kasus gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Tamiang Layang. Ada satu pernyataan yang membuat perasaan mereka tidak termanusiawikan, yang disusul sebuah SMS berisi ajakan mengikuti pertemuan salah satu kubu, di mana nantinya setiap yang menghadiri akan diberi “uang saku” sebesar Rp 500.000/ orang. Di mana kesannya adalah kalimat: “Datang saja, nanti saya beri uang segitu”.

Dari pengamatan eKPOSIA sendiri, meski tidak semuanya, namun ada beberapa calon maupun timnya yang masih meng-under estimate– peran pekerja pers dalam proses bergulirnya Pemilu Kepala Daerah Barito Timur 2013-2018. Ada yang menyindir-nyindir, ada yang terang-terangan memagari diri, ada juga yang seolah mempersilakan namun tak pernah menunjukkan tanggapan saat diminta ketegasannya menjawab semua penawaran kontrak, apakah disetujui atau tidak.

Kebanyakan, memang seperti hanya melayani beberapa media tertentu yang mau memihak. Itupun, mereka tidak mau jika dalam satu media terdapat iklan dari kompetitornya. Sebuah ‘kelucuan’ yang tidak akan dijumpai di daerah lain. Karena,

”Bagaimana mungkin, semisal koran harian harus mem-blocking diri hanya untuk satu figur tertentu? Surat Kabar Harian (SKH), malah juga sebetulnya tiap media cetak atau elektronik, adalah sebuah bisnis, industri, yang jelas berorientasi pada keuntungan. Coba kita lihat, Metro TV yang kepunyaan Surya Paloh atau Jawa Pos-nya Pak Dahlan Iskan, apakah mereka memagari diri, bersikap eksklusif? Tidak bisa. Atau kita bicara di skup yang lebih kecil, di daerah, Anda bisa lihat, di Banjarmasin Post atau Palangka Pos. Apa hanya satu orang tertentu yang tampil di iklan momen politis, entah itu Pilkada, Pemilu Legislatif, Pigub atau Pilpres? Saya kira ‘kecemburuan’ seperti itu sangat naïf. Be reallah, lihat cakrawala dunia yang lebih luas lagi,” komentar A Prasetyo G, mantan Sekretaris PWI Kab Bartim periode 2006-2008.

Tapi memang ada pula beberapa calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah yang tetap bisa menjaga perasaan insan pers, mampu bersikap dewasa dan rasional, serta tidak memilih-milih. Tentunya sosok-sosok yang bisa low profile dan respektif seperti inilah yang dapat memimpin Barito Timur ke depan. Siapapun dia.. .    nia/ iwpras

KOPERASI TDG SIAP BEROPERASI & BERMITRA

 

Tamiang Layang, eKSPOSIA- Satu lagi pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di Kabupaten Barito Timur, yaitu Koperasi Tunas Dayak Gemilang (TDG), menyatakan kesiapannya bukan hanya beroperasi, namun juga bermitra dengan aparat pemerintahan daerah serta masyarakat. Sebab tanpa adanya dukungan dari seluruh unsur terkait, dipastikan tujuan usaha penambangan tidak akan berhasil seperti yang diharapkan.

Hal itu, dikatakan oleh Ketua Koperasi TDG, dalam sambutannya di acara Sosialisasi Koperasi Tunas Dayak Gemilang, di Desa Malintut, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu 9 Maret 2013.

Sementara, Plt Camat Raren Batuah Johan Arifin menyatakan harapannya agar perusahaan tambang atau pemegang ijin Kuasa Penambangan, terlebih-lebih yang beroperasi di wilayahnya, nantinya bisa menyerap tenaga kerja lokal sesuai dengan kompetensi serta skill mereka.

Acara yang semula dijadwalkan akan dibuka oleh Bupati Bartim Drs H Zain Alkim itu, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Barito Timur, Ir Eskop MAP, Kepala Dinas Pertambangan & Energi Kab Bartim Muslim Raharjo, Kabag Humas Setda Bartim Drs Triasiano MM, anggota DPRD Bartim Ariantho S Muller ST, Kapolsek Dusun Tengah Iptu Beddy Suwandi dll. Adapun Bupati berhalangan datang karena sakit, seperti yang diungkapkan Sekda.

“Pak Bupati menyampaikan salam bagi kita semua dan permohonan maaf sebesar-besarnya, lantaran terganggunya kesehatan beliau. Beliau berpesan, agar Koperasi Tunas Dayak Gemilang kelak dapat memberikan kontibusi bagi daerah, bukan hanya di sektor pendapatan tapi juga di sektor ketenagakerjaan,” demikian antara lain dikatakan Eskop pada sambutannya.

Koperasi Tunas Dayak Gemilang sendiri akan beroperasi di areal seluas 193 hektar (ha), dengan prioritas yang akan digarap seluas 93 hektar terlebih dulu, dengan empat desa yang akan terkena lintasan, yaitu Malintut, Batuah, Sibung dan Tangkum.    nia/ iwpras.

Harapkan Bantuan Banjir Akibat Dam Karau

Segera Dicairkan

 

 Tamiang Layang, eKSPOSIA–  Sejak dibangun, Bendungan/ Dam Karau yang terletak di Desa Netampin, Kec Dusun Tengah, Kab Barito Timur, Prov Kalimantan Tengah telah menjadi tumpuan harapan masyarakat, khususnya yang memiliki sawah, untuk makin meningkatkan produktifitas pertanian mereka.

Selama ini, para petani ataupun pemilik sawah di Netampin, sudah menikmati fungsi pengaliran air dari bendungan terbesar se-Kalimantan Tengah tersebut. Adapun teknis pembagian fungsi pengaliran air dari Dam Karau ke Desa Netampin, dipaparkan oleh Kades Netampin Yuritinda, diklasifikasikan menjadi dua jalur, yaitu jalur tersier dan sekunder.

“Untuk jalur tersier, pola alurnya tidak harus lurus. Tergantung maunya dari pemilik sawah saja. Lain halnya jalur sekunder, harus memakai sistem tembak lurus karena merupakan jalur besar. Dan itu sudah dimanfaatkan masyarakat dengan baik serta tertata rapi,” papar lelaki yang juga akrab dipanggil “Inda” tsb. Etika disambangi eKSPOSIA di rumahnya.

Memang tak semua sistem yang dibuat manusia, secanggih apapun, bisa sempurna 100%. Inda juga menceritakan, bahwa Dam Karaupun pernah jebol, meski tak separah kasus Waduk Sigintung di Jawa Barat. Tepatnya di tahun 2010, masyarakat di RT 5 Desa Netampin, atau yang biasa disebut Porlan, dekat wilayah Jatus, terkena dampak banjir padahal lahan mereka belum dibebaskan.

“Sehubungan hal itu, saya sudah mengusulkan surat pemohonan bantuan kepada Bupati Barito Timur, tertanggal 3 Pebruari 2010, yang saya titipkan melalui staf sekuriti. Tapi sampai saat ini belum juga terealisasi. Dan ada selentingan yang saya dengar, dana tersebut sudah di-ACC sejumlah Rp 300 juta. Cuma ya sampai detik ini, saya bicara ini, dana bantuan tadi belum juga saya lihat, apalagi saya terima,” ujarnya lagi seraya tertawa kecil.  nia

Dua Versi Pakar Pangan Saling Gugat, Siapa Kuat?

Tamiang Layang, eKSPOSIA Perseteruan kian meruncing  di internal Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Karya Perjungan (Pakar Pangan) Barito Timur, antara Surdi Prungeh cs dengan Perdiano cs, bakal ditentukan di Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Selasa (26/ 02/ ’13).

Informasi yang didapat eKSPOSIA di lapangan, pihak Pancani Gandrung SH MSi telah mengajukan berkas gugatan kepada pihak Surdi Prungeh dan rekan-rekan yang membawa bendera DPK Pakar Pangan Bartim untuk mengusung pasangan Ampera AY Mebas SE – H Suriansyah SKM. Seperti yang diberitakan di berbagai media lokal maupun tingkat provinsi, pasangan Pancani Gandrung SH MSi – Drs H Zain Alkim, didukung DPK Pakar Pangan Perdiano cs.

Kedua kubu sama-sama mengklaim sebagai pengurus sah parpol yang memiliki dua kursi DPRD Kabupaten Bartim ini. Akibat dari friksi internal tsb, KPUD Bartim pun mengambil sikap tegas dengan mengembalikan berkas pendaftaran kedua pasangan calon. Selain itu KPUD Bartim juga mengirim surat ke DPN Pakar Pangan di Jakarta untuk meminta keterangan legalitas kepengurusan di DPK Pakar Pangan Bartim.

Surat tersebut telah mendapat balasan dari DPN Pakar Pangan yang ditandatangi oleh ketua umumnya, H Muhammad Yasin SH. Dalam surat balasan itu disebutkan, berdasarkan AD/ART Pakar Pangan kepengurusan yang sah di Kabupaten Bartim adalah kubu Surdi Prungeh cs, sesuai SK DPP Pakar Pangan Kalteng Nomor: 074/SK/DPP-Kalteng/P.Pangan/XII/2012, tanggal 28 Desember 2012. Sementara calon yang diusung adalah pasangan Ampera – Suriansyah.

Sementara kubu Perdiano cs juga tidak mau kalah. Pasangan yang mereka dukung, Pancani Gandrung – Zain Alkim juga mengaku mendapat restu dari DPN Pakar Pangan melalui surat tertanggal 16 Januari 2013 Nomor 060/Eks/DPN-PAKARPANGAN/I/2013 yang ditanda tangani langsung oleh Ketua dan Sekretaris DPN Partai Pakar Pangan, Hasbullah dan Jackson Kumaat.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa DPN Pakar Pangan telah melakukan Rapat pleno khusus dengan memutuskan untuk mengusung Pancani Gandrung – Zain Alkim. Kepada media, belum lama ini Pancani menyatakan bahwa Rapat Pleno Khusus adalah tempat pengambilan keputusan tertinggi di Dewan Pimpinan Nasional Pakar Pangan.

“Ada SK Nomor  263/SKEP/DPN-PAKARPANGAN/X/2012 tentang perubahan struktur pengurus Dewan Pimpinan Partai Karya Perjuangan Bartim a.n Perdiano sebagai Ketua dan Zakaria sebagai Sekretaris belum pernah dicabut, atau dibatalkan oleh surat keputusan yang lain.Dan saya yakin Perdiano serta Zakaria, masih sah sebagai pengurus DPK Pakar Pangan Bartim,” ujar Pancani kala itu.

Agaknya, dualisme Pakar Pangan bukan hanya terjadi di tingkat kabupaten (Bartim) saja, melainkan juga di tingkat pusat. Sebab Ketua Umum DPN Pakar Pangan di kedua surat yang dieluarkan, berbeda namanya. Dasar hukum versi Surdi Prungeh cs ditandatangani oleh H Muhammad Yasin SH, sedangkan versi Perdiano ditandatangani oleh Hasbullah. Baik HM Yasin maupun Hasbullah, sama-sama bertindak selaku Ketua Umum DPN Pakar Pangan.

Sementara, Surdi Prungeh sendiri saat bertemu eKSPOSIA di jalan, menyatakan bahwa ia siap menghadapi gugatan karena yakin bahwa SK Nomor: 074/SK/DPP-Kalteng/P.Pangan/XII/2012 tertanggal 28 Desember 2012, berdasar hukum kuat. “Yang jelas, kami tidak asal bertindak. Semua ada dasarnya,” ucap anggota legislatif Kab Bartim itu.  tim eksposia

 

BUPATI KUNJUNGI MUSHOLA RT 09/ KAMPUNG BARU

                Ampah, eKSPOSIA Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, pihak panitia dari Kelurahan Ampah Kota RT 09, Kecamatan Dusun Tengah, atau yang biasa disebut dengan nama Kampung Baru atau Kampung Karamah, menggelar acara yang bertempat di muhola setempat.

Sore tadi (18/ 02/ 2013) Bupati Barito Timur Drs H Zain Alkim dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Barito Timur (Bartim), berkesempatan hadir, yang disambut oleh kesenian Hadrah. Dalam kesempatan ini, Bupati juga memberikan sambutan dan sekadar cinderamata bagi mushola tempat digelarnya acara.

Dikatakan oleh Bupati, peringatan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW hendaknya menjadi refleksi bagi umat Islam agar bersyukur bahwa kita telah diberi tuntunan oleh seorang Rasul yang tidak sekadar menjadi suri tauladan, namun juga jalan penerang yang hidup.

Ratusan orang pun berjejal memadati lokasi cara hingga membuat lalu lintas sedikit tersendat. Mereka nampak antusias menghadiri acara yang dikunjungi langsung Bupati tersebut. Tampak dalam kesempatan ini, antara lain Asisten III Setda Bartim H Murjani MAP, Camat Dusun Tengah H Rusdiansyah SAP, unsur Muspida dan beberapa petinggi SKPD lain, serta Lurah Ampah Kota Amrullah SH.  nia

KANDIDAT MULAI BERAKSI

Tamiang Layang, eKSPOSIA– Paska penerimaan nomer urut, para kandidat mulai menyusun langkah-langkah berikutnya, khususnya sosialisasi “tahap pemantapan”. Dikatakan “tahap pemantapan”, lantaran mereka sekaligus sudah mulai menyosialisasikan nomer yang mereka dapatkan, agar massa yang jadi target segmen mereka dapat mengingat nomer berapa yang harus dicoblos kelak.

Salah satu dari para calon kepala daerah yang akan berlaga di Pemilu Kada Bartim 2013, Ir Hap Bapperdo MM, juga terlihat mengambil  strategi gerak cepat. Beserta timnya, Hap mulai merapatkan diri ke sejumlah lokasi. Di antaranya hari ini (17/ 02/ 2013), pagi usai mengikuti kebaktian di gereja, Hap langsung menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kompleks MI & MTs  yang diprakarsai H Juhriansyah SAP, anggota dPRD Bartim.

Dalam acara yang berlokasi di Desa Putai, Kec Dusun Tengah tersebut, Hap menyumbangkan cindera mata berupa kerudung untuk para siswi. Usai acara tersebut, ia bertolak ke Nagaleah untuk menghadiri sebuah acara resepsi pengantin. Dan agenda selanjutnya, menurut salah satu tim inti Hap Bapperdo, selesai acara di Nagaleah, mereka akan mengunjungi Desa Hayaping, Kecamatan Awang.  nia

PENETAPAN NOMER URUT PASANGAN CALON KEPALA DAERAH

Tamiang Layang, eKSPOSIA-Usai penetapan pasangan calon Kepala Daerah & Wakil Kepala Daerah Kab Barito Timur (Bartim) sehari sebelumnya (14/2/ 2013), enam pasang kandidat yang bakal berlaga di momen politik ini, kemarin (15/2/2013) dipertemukan kembali di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Tamiang Layang, untuk mengambil nomer urut.

Pengambilan yang dilakukan secara acak tsb, akhirnya menetapkan duet Drs M Yamin MBA-Rini pada no urut 1,  Ampera Y Mebas SE – H Suriansyah SKM (no 2), Pancani Gandrung SH MSi-Drs H Zain Alkim (no 3), Ir Hap Bapperdo MM-H Rusli (n0 4), H Cilikman Jakri SPd MAP-Ir Wasriady SP MM (no 5) dan  Ir Yuren S Bahat MT MM-H Yusran Fauzi SAg (no 6)

Ratusan massa, khususnya dari pendukung masing-masing kandidat memenuhi gedung untuk menyaksikan penetapan nomer urut. Bahkan dari pantauan media ini, beberapa tempat pun dijadikan ‘sentral’ berkumpulnya para pendukung calon. Misalnya di Hotel Wahyu Perdana, Tamiang Layang. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Polres Bartim pun sudah menurunkan ratusan personelnya. Namun sikap saling menghargai juga ditunjukkan dari para supporter karena sampai selesai jalannya acara penetapan, tak ada kericuhan terjadi.

Usai penetapan, para kandidat pun kembali ke masing-masing sekretariat mereka untuk melakukan konsolidasi internal. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari kalangan eksekutif maupun legislatif, Kapolres Bartim AKBP Amostian SIK, Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok di Tamiang Layang, Ketua KPU Bartim Drs H Muksin Mashur dll.  nia

One thought on “eksposia-warta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s